Insya Allah Tak Ngutang Lagi ~ sebuah blog yang tahu diri

Senin, Desember 24, 2007

Insya Allah Tak Ngutang Lagi

Apa keingingan ayah 2008? Hmm..kemarin istri menanyakan itu. ''Udah ayah tulis tuh di blog. Tetap sehat, agar bisa jalan-jalan dan makan-makan.'' Istri saya tersenyum.

Bisa diartikan banyak senyum itu. Tapi setelah saya jelaskan, satu persatu, terutama ''tetap sehat''. Karena yang ini, bukan hanya sehat jasmani dan rohani, tapi juga sehat dalam keuangan.

''Kalau habis utang kita, kita ngutang lagi gak?''

Hah...ini pertanyaan rada aneh juga dari istri saya. Kadang capek juga ngutang ini. Bahkan istri, dia yang paling protes. Karena jatahnya sering terpotong. Malah saat lihat slip gaji, dia lupa sendiri, ini potongan untuk apa. Tapi kok, kalau habis seperti ngajak mau ngutang lagi ya?

''Kita tak usah ngutang lagi. Kan nanti pendapatan ayah atau kita sekeluarga sudah bisa cukup beli sesuatu tanpa perlu ngutang lagi.''

Jawaban saya begitu. Sebab, dibalik resolusi 2008 ''tetap sehat, agar bisa jalan-jalan dan makan-makan'' itu, saya juga sudah menetapkan berapa target pendapatan per bulan saya. Ingat, pendapatan itu bukan gaji saya saja ya. Tapi ada dari usaha bisnis sampingan yang saya jalankan. Atau juga dari rumah yang kami kontrakkan.

Saya terus mencoba alam bawah sadar saya, untuk tetap yakin mewujudkan itu semua. Salah satunya, ya itu, tak akan menambah utang lagi. Tekad saya, bisa nyicil utang dengan aman. Bila perlu, lebih cepat sampai pada level balance Rp 0. Amien. Insya Allah!

NB: Ada dua orang yang masih berutang pada saya, belum dibayar juga. Kadang mau dibantu lagi, untuk mempermudah dia bayar utang. Eh..., malah jadi numpuk lagi utangnya. Uniknya, keduanya beristri dua. Haruskah....?

1 komentar:

Doen Riy4de mengatakan...

sukses selalu bang..........moga emang gak ngutang lagi tuh.......
aku juga 2008 ini gak mau ngutang lagi.... mudah-mudahan bisa, kira-kira bisa gak ya...hahahahahaaaa.

happy new year 2008....... sukses selalu...bang speddy dah oke nih