Buku-buku yang Minta Dibaca ~ sebuah blog yang tahu diri

Kamis, Januari 03, 2008

Buku-buku yang Minta Dibaca

Photobucket
Bertambah pula koleksi buku saya, setelah Candra Ibrahim menghadiahi buku perdananya Membranding Batam Menjual Kepri. Padahal banyak lagi buku yang belum sempat dibaca. Termasuk Orgasmaya, karangan Hasan Aspahani. Mau diapakan buku ini?

Ya, tentu dibaca. Saya suka membaca buku dari belakangnya. Tepatnya kulit belakang. Lalu bolak-balik sedikit ke depan. Seterusnya, jika punya waktu, saya baca sampai habis. Nah, kedua buku di atas saya lakukan begitu, kecuali yang ini, tidak saya baca sampai habis.
Photobucket
Mungkin saya harus punya waktu ''menganggur''. Seperti dalam perjalanan (pesawat, bus atau kapal). Tapi ya itulah, sudah jarang pula bepergian. Untuk ''pulang kampung'' ke Pekanbaru saja, sudah tak pernah lagi, kecuali kalau ada hajatan kantor. Jadi teringat bos saya, Rida K Liamsi, yang melakukan hal itu ketika bepergian. (maaf pak, novel Bulang Cahaya, juga belum sempat saya baca).

Karenanya, ketika melihat buku-buku itu tergeletak di berbagai tempat di rumah (saya tak punya rak buku), seperti ada nada sendu dari buku itu, minta dibaca. Atau juga ketika di ruangan kantor, buku-buku itu pun menatap, minta dibaca.

Apa yang salah ya, kok saya tak punya waktu? Adakah ini karena mudahnya saya mendapatkan buku tersebut? Karena gratisan, jadi malas membacanya? Ini berbeda ketika saya membeli buku Quantum Ikhlas, atau The Law Attraction, yang saya lahap sampai habis. Atau malah, buku-buku itu belum mengelupaskan daya minat baca saya?

Entahlah. Tapi di hati kecil saya, tetap ada setitik minat untuk membacanya. Mungkin saya sendiri yang perlu membuang rasa malas itu dan menepis ''semangat gratisan''. Ha..ha...


NB: Tak lama lagi, mau datang pula hadiah buku dari Ippho Santosa. Bila Candra Ibrahim dan Hasan Aspahani adalah teman segrup tempat saya bekerja, maka Ippho adalah teman berbagai info semangat berwirausaha. Jadi, harus-harus benar-benar menghilangkan ''semangat gratisan'' ya...

Tidak ada komentar: