Memberi Ceramah Motivasi, Tapi Malah Termotivasi Sendiri ~ sebuah blog yang tahu diri

Selasa, Juli 15, 2008

Memberi Ceramah Motivasi, Tapi Malah Termotivasi Sendiri

Alhamdulillah, bisa juga tidur nyenyak Senin malam, meskipun agak bingung juga memikirkan apa yang hendak dicakap, diceramah umum MOS (Masa Orientasi Sekolah) SMK Hang Tuah, Batam, pagi tadi (jam 08-10 WIB). Selain memang tak biasa berpidato, ditambah pula, saya ''didampingi'' senior, Bang Bahtiar.

Tapi syukurlah, saya tetap ''bergaya'' saya (itu menurut saya ya). Menceritakan apa adanya mengapa saya sekolah memilih SMK bukan SMA meski, NEM (Nilai Ebtanas Murni) saya bisa masuk SMA favorit manapun di Pekanbaru. Lalu ratusan peserta MOS, tertawa, ketika diungkapkan bahwa saya di SMEA Negeri Pekanbaru dulu, hanya ada enam laki-laki yang masuk jurusan Sekretaris.

Namun, saya justru mendapat ''ilmu'' baru. Bang Bahtiar, ternyata punya pengalaman hidup yang ''dahsyat''. Beliau yang saya sebut, kebanggan bagi jurnalis di zaman saya, karena bisa menembus pers pusat (Bang Bahtiar, pernah jadi Manajer Pemberitaan ANTEVE), menyampaikan hal-hal yang bisa membangkitkan motivasi. Bukan hanya kepada para murid baru itu, tapi bagi saya sendiri.

Bagaimana ''hidup'' sebagai anak kampung di Natuna. Bagaimana menyelesaikan kuliah di Pekanbaru, tanpa mengeluarkan biaya. Dan bagaimana cara hidup dia di Jakarta. Wuih, salut saya. Baru kali ini saya dengar kisah hidupnya langsung, tidak dari mulut ke mulut teman sesama jurnalis. Memang kami satu alumni di Fakultas Ekonomi Unri, tapi beliau sudah tamat tahun 1989, sedangkan saya baru masuk tahun 1990.

Nah, karena itu saya makin termotivasi untuk mengucap ''bisa'' untuk ''tantangan'' dari Aries Kurniawan (Kepala Sekolah SMK Hang Tuah) dan Imbalo Iman Sakti (Ketua Yayasan sekolah tersebut), mengajarkan ilmu soal internet. ''Oke Pak Imbalo, bulan depan saya akan mengajarkan internet ke mereka.''

Mengapa bulan depan? Tidak sekarang saja? Hmm...., saya menunggu pembuktian dulu, apakah bisa datang cepat Cek dari google, yang menandakan, saya benar-benar dapat dolar dari mereka. Cek yang akan jadi bukti, saya memang bersertifikat untuk mengajarkan ''bagaimana mencari uang di internet''. Doakan ya....

Tidak ada komentar: