Jangan Tanya Nama Jalan ~ sebuah blog yang tahu diri

Jumat, Juni 02, 2006

Jangan Tanya Nama Jalan

Jika Anda ke Batam, jangan tanya nama jalan ketika mencari alamat. Banyak yang tak hapal. Malah bisa dikatakan, nama jalan tak perlu. Orang cukup menyebut alamatnya dengan ini; komplek anu, ruko anu, atau perumahan anu…

Meski sekarang Pemko Batam menggalakkan pemasangan papan nama jalan, tapi warganya sendiri tak hapal. Saat mengetik tulisan ini, saya lupa nama jalan depan komplek perumahan saya. Yang saya ingat, cuma Perumahan Tiban BTN Blok N-43.
Saya coba kontak istri per telepon. Jawabannya begini. ‘’Entah, lupa. Pokoknya nama pulau apa gitu…’’

Penyebutan nama komplek, ruko atau perumahan itu pun harus ditambah pula dengan nama kawasan. Misalnya, perumahan Masyeba. Itu ada di Tiban dan Batuaji. Malah, yang di Tiban pun dua. Begitu juga Perumahan Oma. Ada di Batam Center dan Batuaji. Kalau rumah tempat saya tinggal, udah sekalian dengan nama kawasan. Karenanya, pak pos atau kurir kartu kredit sangat mudah mengirimkan billingnya.

Malah, kalau tak disebut dengan lengkap seperti, Center Point, kita harus tanya begini, ini rumah atau yang mallnya? Kalau perumahannya, ada di Batam Center. Sedangkan yang mallnya di Nagoya.

Nah, itu pun belum cukup untuk dengan mudah menemukan alamat. Terutama untuk perumahan. Karena, akan ada lagi susahnya pencarian blok. Seperti pagi tadi, saya lagi cari rumah Mukakuning Indah I Blok P-10. Yang pertama, Mukakuning Indah I itu punya nama lain pula, Genta I. Eh saat cari Blok P, nyasar ke Blok BQ. Lalu saat sudah ketemui blok Q dan R, eh malah salah masuk ke Blok M.

Lalu putar sekali lagi, akhirnya jumpa Blok P yang berhadapan dengan Blok BQ. Ternyata, blok BQ justru perumahan lain, bukan Mukakuning Indah I. Wuih…saat keluar dari lokasi kami menemukan jalan mudah, ternyata rumah yang kami cari ada di belakang gerbang Perumahan Senawangi.

Oaalah….satu komplek perumahan ini sudah tak ada lagi batas, mana perumahan anu, dan anu….

Tidak ada komentar: