Bertekad Lagi (berkali-kali?) ~ sebuah blog yang tahu diri

Kamis, Oktober 16, 2008

Bertekad Lagi (berkali-kali?)

(postingan ini dikutip dari blog saya yang lain)

Hmm...dah lama rasanya, tak berkunjung ke blog ini lagi, diabetesku.blogspot.com. Padahal, inilah blog yang akan selalu mengingatkan saya tentang kondisi kesehatan yang bergejala diabetes. Pagi ini, saya merindukannya dan menemukan kalimat seperti di bawah ini:

Tak terkira gembira, setelah mengambil hasil labor tadi siang pukul 13.30 WIB. Ternyata kadar glukosa puasa saya sudah 116 mg/dl, hampir mendekati angka paling ideal 110 mg/dl. Beda jauh saat 7 April lalu yang mencapai 155 mg/dl. Tapi aneh juga, mengapa dokter Danang, tak minta periksa glukosa setelah makan dua jam ya?

Ya, 22 April 2008 lalu itu, kadar glukosa saya oke. Tapi bagaimana hari ini? Memang puasa Ramadan tahun ini saya sukses, makan nasi sedikit. Juga sukses, tidak minum air es. Malah, ngeteh juga jarang.

Namun, malam harinya seusai tarawih, kolak pun dilibas. Lalu, di Ramadan itu pun, full saya tak bermain tenis meja lagi di kantor. Bahkan seusai Lebaran, hingga postingan ini dibuat, baru satu kali main tenis meja lagi. Harus saya akui, tubuh saya gemuk lagi terasa. Tapi belum juga menimbang berat badan. Istri malah minta saya periksa lagi.

Hm..., saya harus mengulang lagi tekad yang sama, untuk berolahraga lagi, dan makan nasi benar-benar dikurangi. Meski tidak lagi per 100 gram nasi setiap makan, tapi sudah dua hari ini, saya tak makan malam lagi (alias tak makan nasi). He..he..., saya bertekad...

Tidak ada komentar: