Kontak Batin Chelsea ~ sebuah blog yang tahu diri

Sabtu, Mei 21, 2005

Kontak Batin Chelsea

SEBENARNYA saya ingin ‘’melupakan’’ sepakbola. Tapi tak bisa. Itu juga yang ‘’menghantui’’ hidup dan karir. Setiap hari, dua kali saya dikirimi SMS oleh BSLsoccer. Belum lagi, sekali sebulan, dapat jatah tabloid gratis Soccer dari Yogyakarta.
Apa nak lari juga dari bola? ‘’Jose Mourinho tak blh berada di pinggir lapang saat lwn B Munich di Liga Champion, itu hukuman UEFA ttg kasus wasit Anders Frisk. Selain itu mrk kena denda’’. SMS itu saya terima pada 1 April 2005 pukul 08.02.39.
Info lain yang saya dapat, Mourinho bukan saja tak boleh muncul di stadion, juga tidak boleh melakukan kontak dengan timnya. Hukuman itu diperoleh akibat tuduhannya kepada pelatih Barcelona Frank Rijkaard yang melakukan pembicaraan dengan wasit Anders Frisk (Swedia) pada partai 16 besar lalu yang diindikasikan ‘’ada suap’’. Frisk sendiri lalu tabik dari dunia perwasitan.
Saya sebenarnya sudah ‘’tak terlalu ikut’’ dengan kisah Mourinho yang justru sering ditampilkan di Batam Pos. Saya baru tergerak membaca, justru setelah SMS tersebut. Baru jadi terkesan, inilah pelatih baru berkelas dunia yang sangat berkarakter. Bayangkan saja, suara kerasnya di pinggir lapangan yang mencaci wasit bahkan melawan penonton menjadi bumbu saat mengarahkan pemainnya. Dan justru hal tersebut sering dianggap pelecut emosional oleh anak asuhnya.
Saya kutipkan kata-kata salah satu mereka, Claude Makalele. ‘’Ketidakhadiran Jose (Mourinho) tidak akan berdampak pada kami walaupun itu mungkin sebuah kerugian. Kami selama ini bisa memahami apa yang dia inginkan saat ia berada di pinggir lapangan. Kami memang memerlukannya untuk memberikan kami arahan.’’
Dan Kamis dinihari memang membuktikan lain, Chelsea justru menang 4-2. Tapi tampaknya pernyataan asisten manajer Chelsea Baltemar Brito bahwa Jose berada di tempat khusus yang tenang dan tak akan melakukan kontak dengan tim, akan dipertanyakan. Zaman canggih ini, apa yang tak bisa dilakukan dengan alat komunikasi?
Terus terang, meneruskan alinea berikut, saya menunggu hasil Chelsea versus Munich. Tapi saya yakini ada kaitannya dengan SMS yang saya terima berikut ini. ‘’Alhamdulillah. Anak ketiga kami (seorang putri) sudah lahir dengan selamat hari ini, Senin (28/3). Pukul 07.10 WIB. Terima kasih atas doanya selama ini.’’
Saya terima SMS ini pukul 07.55 WIB plus 49 detik, tanggal 28 Maret. Hebat, dalam kurun waktu 45 menit dia masih mengingat saya yang menanti kelahiran anak antara hidup dan mati. Angka yang fantastis untuk berkontak saat separuh babak pertama sepak bola dimainkan. Teman saya yang dapat anak tersebut mungkin mengabarkan itu dengan penuh ikhlas. Bisa jadi dia melakoni SMS dari Alquran Seluler yang pernah saya terima. ‘’Abu Musa Ra: Rosul bersabda: (Dalam berdakwah) Sampaikanlah kabar gembira dan jangan menakut-nakuti. Permudahlah dan jangan menyusahkan.’’ Tapi pesan kelahiran anak tadi juga dakwah?
Lantas benarkah Mourinho mengontak anak asuhnya, padahal itu dilarang UEFA? Mungkin tidak. Karena saya yakin, mereka lebih suka kontak batin. "Tim ini sudah siap. Begitu pula seluruh staf. Saya memang tak bisa berkomunikasi dengan pemain selama pertandingan. Namun, karena selama ini kami selalu bekerja dan berlatih bersama, tentu pemain akan memahami jalan pikiran saya dan apa yang saya rasakan," papar Mourinho.
Ah…kalau seperti ini, saya benar-benar tak bisa melupakan sepakbola. Dan terngiang-ngiang kata-kata mendiang Paus Yohanes Paulus II; dalam sepakbola Tuhan tidak berpihak. Sungguh benar adanya! ***(ade adran syahlan, saran dan kritik SMS ke 0811777697 atau email aderiau@yahoo.com)

(Terbit di Batam Pos, 10 April 2005 dalam kolom SMS HATI)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]to buy microsoft office software, [url=http://firgonbares.net/]software for a store[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] discount game software buy symbian software
adobe acrobat 9 pro mac share [url=http://firgonbares.net/]macromedia player software[/url] software when to buy
[url=http://firgonbares.net/]software of macromedia flash player[/url] agentoffice software
[url=http://firgonbares.net/]to sell software product[/url] new adobe software
nero torrent [url=http://firgonbares.net/]kaspersky free trial[/b]